Sukses

Pengibar Sang Saka Merah Putih Dapat Penghargaan

Upacara bendera di Apartemen Kalibata City Jakarta dihadiri Ilyas Karim, salah satu di antara pengibar bendera saat proklamasi tahun 45. Ilyas Karim diberi apartemen di Kalibata City setelah sebelumnya tinggal di tepi rel kereta api.

Liputan6.com, Jakarta: Upacara bendera HUT Kemerdekaan RI yang berlangsung di lobi Apartemen Kalibata City, Jakarta Selatan, Rabu (17/8), terasa istimewa. Pasalnya, upacara yang diikuti sekitar 40 hadirin ini, dihadiri Ilyas Karim, salah seorang di antara dua orang pengibar Sang Saka Merah Putih di Jalan Pegangsaan Timur 56 Jakarta saat Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Satu pengibar lainnya adalah Singgih, seorang tentara Peta.
 
Acara tersebut memang diadakan untuk memberi penghargaan kepada Ilyas Karim berupa sebuah unit apartemen di Kalibata City. Selama ini Ilyas Karim tinggal dalam sebuah rumah sederhana di tepi rel kereta api di kawasan Kalibata.

Ilyas Karim kini telah berusia 84 tahun. Saat jadi pengibar bendera pada tahun 45 Ilyas masih berusia 18 tahun. Dialah yang termuda di antara para pemuda yang berkumpul di kediaman Bung Karno sehari sebelum kemerdekaan diproklamasikan. "Pemerintah Indonesia saya minta lebih memperhatikan kesejahteraan rakyat," kata Ilyas.(IAN)
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini