Sukses

Bordir Kawalu Terkenal di Mancanegara

Mendekati Lebaran sentra bordir di kawasan Kawalu, Kota Tasikmalaya, Jabar, banyak dikunjungi warga yang hendak belanja pakaian. Bordir dari Kawalu ini ternyata sudah merambah ke luar negeri.

Liputan6.com, Tasikmalaya: Kawasan Kawalu di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, adalah sentra bordir berbagai jenis pakaian. Bordir buatan Kawalu memang sudah terkenal sejak setengah abad lalu.

Dulu bordir dikerjakan dengan tangan, namun seiring dengan perkembangan zaman dan banyak permintaan, akhirnya diproduksi dengan mesin dan program komputer. Haslinya jadi sangat inovatif dan kreatif dan produksinya pun bisa lebih banyak.

Menurut Herlawati, pengelola bordir, baju yang saat ini banyak diminati adalah kebaya dan model mukena. Harga jualnya bervariasi mulai dari Rp 35.000 sampai Rp 5 juta. Bordir dari Kawalu ini ternyata sudah merambah ke luar negeri, di antaranya Malaysia dan Brunei.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini