Sukses

Bordiran Khas Tasik yang Cantik dan Anggun

Para pencinta bordir baiknya melirik bordir khas Tasikmalaya. Di situ terdapat ratusan model bordir di bermacam busana.

Liputan6.com, Tasikmalaya: Jika Anda pecinta seni bordir, tidak ada salahnya melirik bordir khas Tasikmalaya, Jawa Barat. Berbagai macam motif yang cantik nan anggun tersedia di Kota Santri ini. Tim liputan Safari Ramadhan SCTV kini berada di salah satu pabrik sekaligus outlet bordir di Jalan Air Tanjung No. 81, Kawalu, Tasikmalaya, Jawa Barat. Di tempat ini tersedia berbagai macam busana dan seprei dengan beragam motif bordir.

"Motifnya banyak sekali ya, ada ratusan lebihlah. Busana gamir, kokoh, mukena, kebaya, batik Tasik, dan lain-lain," ujar Herman E. Morita, perwakilan dari Haryati Bordir, Kawalu, Tasikmalaya, Jabar, Rabu (17/8).

Menurut Herman, selain motifnya yang cantik nan anggun, bordiran itu merupakan ciri khas Tasikmalaya. "Bordir itu identik dengan Tasik, Kawalu itu sentra bordir," jelasnya.

Herman pun mengatakan, bordiran Tasik ini tidak hanya terkenal di Tanah Air tapi juga sudah sampai ke negeri seberang. "Luar pulau juga kita ada pelanggan. Di luar negeri juga ada, seperti Malaysia, Singapura, Brunei," katanya.

Lebih lanjut Herman mengatakan, usaha bordir ini akan melonjak saat-saat tertentu, seperti Lebaran. "Hari biasa, sebulam omzet bisa mencapai Rp 1 miliar, kalau Lebaran bisa tiga kali lipatnya," terangnya.(BJK/MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini