Sukses

Dua Jalan Utama di Pantura Ambles

Dua ruas jalan di jalur Pantura wilayah Brebes, yaitu ruas Bangsrin sepanjang 250 meter dan Klampok sekitar 100 meter, ambles karena tanahnya labil. Perbaikan ditargetkan selesai pada H-10 Lebaran.

Liputan6.com, Brebes: Dua ruas jalan di jalur Pantura wilayah Brebes, Jawa Tengah, yaitu ruas Bangsrin sepanjang 250 meter dan Klampok sekitar 100 meter, ambles karena tanahnya labil. Akibatnya, aspal sepanjang Bangsri dan Klampok retak-retak dan bibir jalan longsor. Selain tanah yang labil, padatnya kendaraan berat melintas di jalur utama Pantura ini juga membuat kondisi jalan makin rusak.

Bina Marga telah memperbaiki jalan ambles ini dengan memasang talud beton dan batu agar tanah tidak bergeser. Khusus untuk jalur utama Klampok, selain pemasangan talud, jalan juga diperlebar sepanjang satu meter. Perbaikan jalan ambles ini ditargetkan selesai pada H-10 Lebaran sehingga tidak mengganggu arus mudik.

Sementara itu, pengerjaan proyek jalan utama dan alternatif di Kulon Progo, Yogyakarta, juga terus dikebut. Salah satunya adalah jalur alternatif lintas selatan Bugel tujuan Srandakan, Bantul. Pekerja berusaha menyelesaikan pelebaran jalan dari enam meter menjadi tujuh meter dan meratakan jalan bergelombang dan berlubang.

Permukaan tanah juga dinaikkan setinggi tiga meter karena wilayah ini sering banjir saat hujan deras, memasang pembatas jalan, memperbaiki lampu jalan sepanjang jalur provinsi, dan mempersiapkan tempat istirahat bagi pemudik. Pekerja terpaksa lembur 24 jam agar jalan selesai sebelum arus mudik.(ADO)
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini