Sukses

Sepuluh Calon Pimpinan KPK Jalan Tes Akhir

Ujian berupa wawancara yang terbuka untuk umum. Masing-masing calon Ketua KPK diberikan waktu satu jam menjawab pertanyaan.

Liputan6.com, Jakarta: Sepuluh calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK menjalani tes tahap akhir di Gedung Graha Pengayoman Kementerian Hukum dan HAM Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (15/8). Ujian berupa wawancara yang terbuka untuk umum. Masing-masing calon diberikan waktu satu jam menjawab pertanyaan.

Pertanyaan yang dilontarkan pun beragam. Mulai dari soal integritas hingga masalah pribadi. Hal ini terasa lebih berat dari proses seleksi KPK sebelumnya, terutama seperti dirasakan Bambang Widjojanto. Ia sudah dua kali mengikuti seleksi ini.

Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar yang juga ketua panitia seleksi menegaskan, pansel akan memilih delapan nama yang nantinya diserahkan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 18 Agustus nanti. Selanjutnya delapan calon akan mengikuti proses tes kompetensi dan kelayakan di DPR. "Tanggal 18 pagi insyaAllah jam 9 kita akan laporkan ke Presiden."

Pansel KPK menargetkan, sebelum pergantian tahun KPK sudah memiliki pimpinan baru. Apalagi beban KPK saat ini sangat berat, termasuk mengungkap tuntas skandal korupsi mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin.

Para calon yang mengikuti tes tahap akhir adalah Abdullah Hehamahua (Penasehat KPK), Abraham Samad (aktivis anti-korupsi), Adnan Pandupradja (Kompolnas), Aryanto Sutadi (purnawirawan polisi), Bambang Widjojanto (advokat), Egi Sutjiati (konsultan KPK), Handoyo Sudrajat (Deputi PIPM), Sayid Fadhil (akademisi), Yunus Husein (PPATK), Zulkarnain (Jaksa) [baca: Sepuluh Nama Calon Pimpinan KPK Lolos Seleksi].(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.