Sukses

Jepang Hibahkan Visa untuk Thaksin Shinawatra

Pemerintah Jepang dengan berbaik hati menyatakan akan menghibahkan visa kepada mantan Perdana Menteri Thailand Thaksin Shinawatra.

Liputan6.com, Tokyo: Pemerintah Jepang dengan berbaik hati menyatakan akan menghibahkan visa kepada mantan Perdana Menteri Thailand Thaksin Shinawatra, Senin (15/8). Visa khusus itu memang sengaja dibuat atas permintaan pemerintah baru Thailand untuk memberinya undangan khusus ke Jepang.

Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yukio Edano mengatakan visa khusus bagi Thaksin Shinawatra, yang telah tinggal di pengasingan sejak kudeta militer 2006 akan diberikan.

"Pemerintah Thailand mengambil kebijakan untuk tidak melarang mantan Perdana Menteri Thaksin mengunjungi negara mana pun dan meminta Jepang mengeluarkan visa," kata Edano.

Perdana menteri yang berkuasa di Thailand dari 2001 hingga 2006 itu dijadwalkan datang ke Jepang minggu depan. Thaksin datang ke Jepang atas permintaan pribadi dari pemerintah baru Thailand Yingluck Shinawatra, merupakan adik Thaksin.

Thaksin telah tinggal di Dubai, Uni Emirat Arab, untuk menghindari hukuman penjara karena korupsi. Menurut hukum Jepang, orang-orang yang telah ditemukan bersalah atas kejahatan yang membawa hukuman penjara lebih dari satu tahun tidak diperbolehkan masuk ke negara itu. Thaksin sempat divonis penjara selama dua tahun.(ANS/Xinhua)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini