Busana Muslim Batik Cap, Pilihan untuk Lebaran

on Aug 11, 2011 at 12:40 WIB

Liputan6.com, Solo: Bingung mencari busana untuk Lebaran? Anda bisa mempertimbangkan busana-busana yang dikreasikan dari batik. Seperti batik yang dihasilkan Kampung Batik Laweyan yang bisa menjadi pilihan Anda.

Tim Safari Ramadan Liputan 6 SCTV, Kamis (11/8) berkesempatan mengunjungi pabrik batik di Laweyan, Solo, Jawa Tengah.

Untuk metode pembuatan batik ada tiga macam, yakni tulis, cap, dan printing. Nah, kali ini Reporter Djati Darma sedang berada di pabrik khusus batik cap. Seperti apa ya kerjanya?

Proses pembuatan batik cap terbilang mudah jika dibandingkan dengan batik tulis. Para pekerja tidak membutuhkan waktu yang panjang untuk menghasilkan puluhan meter kain batik. Berbeda dengan batik tulis yang bisa memakan waktu hingga berbulan-bulan.

Cetakan cap-cap untuk motif batik itu sudah siap menghiasi kain polos. Setelah proses pewarnaan, kain pun siap dicap. Dalam sekejap, kain polos tersebut disulap menjadi cantik dengan beragam motif batik cap.

Dan pada Bulan Ramadan ini, busana muslim dan mukena batik tak luput dari incaran warga."Banyak yang suka untuk Tarawih dan Lebaran," ujar Pengusaha Batik, Nurul.

Jika Anda tertarik menambah koleksi batik, harga yang ditawarkan untuk busana muslim batik ini terbilang cukup murah. Yakni berkisar antara Rp 50 ribu hingga Rp 250 ribu.(MEL)
Suka artikel ini?

0 Comments