by

Jelajah Alam, Isi Waktu Jelang Buka Puasa

217603
  • Sosial & Budaya
  • 0
  • Kamis, 11 Agustus 2011 06:13
Liputan6.com, Gunung Kidul: Banyak cara mengisi waktu menjelang berbuka puasa. Satu di antaranya adalah mengarungi terjalnya alam perbukitan, seperti yang dilakukan ratusan penggemar motor trail di Gunung Kidul, Yogyakarta, baru-baru ini.

Puluhan offroader atau penggemar motor trail yang tergabung dalam Komunitas Trail Gunung Kidul memang kerap mengisi waktu menjelang berbuka puasa dengan berbagai kegiatan. Mereka bersama-sama menjelajah alam perbukitan terjal di yang memang dikenal bermedan sulit.

Kadang mereka harus melewati bebatuan terjal, menyeberang sungai, atau menaiki tebing landai. Itu semua merupakan hal yang biasa bagi para petualang motor ini. Namun banyak juga di antara mereka yang kesulitan menaklukkan kerasnya alam Gunung Kidul sehingga tak sedikit yang terjatuh karena kehilangan keseimbangan.

Setelah itu baru mereka berbuka puasa bersama-sama. Tempatnya bisa di mana saja, termasuk di warung yang terletak di pinggir jalan Gunung Kidul-Pacitan.

Sedangkan di Gresik, Jawa Timur, pecinta sepeda downhill juga mengisi waktu dengan kegiatan yang menguras stamina. Sekitar 80 pecinta sepeda downhill yang tergabung dalam Komunitas Balong Tuwo Gresik melakukan aksi di areal Bukit Hollywood yang berada di kawasan Perbukitan Desa Kembangan, Kecamatan Kebomas.

Di sana peserta dituntut tak hanya mampu melewati jalan yang menanjak. Namun juga mampu menuruni jalan curam yang seharusnya hanya bisa dilewati pejalan kaki.

Mengisi waktu berbuka dengan asyik bersepeda tak hanya membuat para peserta sejenak lupa akan dahaga dan lapar. Mereka juga bisa mempererat jalinan persahabatan antaranggota komunitas dan membuat tubuh menjadi lebih sehat.(ULF)
Comments
Sign in to post a comment