Warga Serbu Tempat Penukaran Uang

on

Liputan6.com, Kediri: Ratusan warga sejak pagi mendatangi Kantor Bank Indonesia cabang Kediri, Jawa Timur, Rabu (10/8). Mereka hendak menukarkan uang pecahan kecil untuk dibagikan kepada sanak saudara pada saat Lebaran nanti. Sebagian dari mereka datang dari kota di sekitar Kediri seperti Blitar, Nganjuk, dan Tulungagung.

Meski sudah datang dari subuh, mereka terpaksa menelan kekecewaan lantaran tidak kebagian nomor antrian. Warga pun mempertanyakan aturan BI soal pembatasan jumlah penukaran uang yang ditukarkan.

Namun, pihak BI membantah ada kebijakan pembatasan jumlah penukaran uang. BI hanya ingin melakukan pemerataan penukaran uang. Untuk tahun ini, BI Kediri pun telah menyediakan Rp 2,1 triliun untuk penukaran uang baru.

Antusiasme warga menukar uang pecahan baru juga terjadi di Kantor Bank Indonesia cabang Denpasar, Bali. Mereka sengaja menukar pecahan jauh-jauh hari karena khawatir tidak kebagian. Warga menukarkan uang pecahan besar ke pecahan kecil sebagai persiapan dalam kebutuhan menjelang Lebaran.

Untuk mengantisipasi melonjaknya penukaran, BI Denpasar pun telah menambah persediaan uang pecahan kecil. BI Denpasar juga merangkul 13 bank perkreditan rakyat (BPR) di Bali untuk membantu melayani jasa penukaran uang pecahan kecil. Langkah ini juga diharapkan bisa mengurangi jumlah antrian panjang para penukar uang. (APY/Vin)

Suka artikel ini?

0 Comments