Sukses

BPS Temukan Tiga Masalah Pelayanan Haji

Masalah pemondokan, katering, dan transportasi di Mekah dan Madinah, Arab Saudi, menjadi tiga masalah yang masih dikeluhkan jemaah haji Indonesia. Ketiga masalah itu menjadi temuan survei yang dilakukan BPS yang diumumkan pada Senin ini.

Liputan6.com, Jakarta: Walau terus berbenah, pemerintah tampaknya harus terus meningkatkan pelayanan untuk jemaah haji. Masalah pemondokan, katering, dan transportasi di Arab Saudi, masih menjadi tiga masalah yang dikeluhkan jemaah.

Keluhan jemaah itu diperkuat dengan temuan Badan Pusat Statistik atau BPS yang belum lama ini melakukan survei kepuasan jemaah haji Indonesia selama 10 tahun terakhir. Sementara untuk layanan lain seperti pelayanan di Tanah Air serta kelompok terbang atau kloter tergolong bagus.

Menteri Agama Suryadharma Ali menerima hasil survei BPS tersebut. Ia pun bertekad meningkatkan pelayanan haji ke depan.

Sayangnya, survei BPS tidak menyinggung soal biaya ongkos naik haji (ONH) Indonesia yang relatif tinggi. Dengan biaya sekitar Rp 30 juta per anggota jemaah, sudah seharusnya mereka mendapat pelayanan yang prima.(ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.