Sukses

Aneka Menu Berbuka Puasa

Saat berbuka adalah waktu yang paling ditunggu umat muslim yang menjalankan berpuasa. Tak heran waktu maghrib tiba, aneka jajanan khas Ramadan laris manis.

Liputan6.com, Jakarta: Ramadan adalah bulan yang paling dinanti umat muslim. Pasalnya di Bulan Puasa ini setiap muslim berlomba-lomba berbuat kebaikan. Segala amalan ibadah akan dilipatgandakan pahalanya.

Namun bukan perkara mudah menjaga ibadah puasa dari segala godaan hawa nafsu, menahan lapar dan dahaga, serta amarah. Terlebih untuk anak-anak, merasakan tidak makan dan minum sepanjang hari butuh perjuangan.

Mengajak anak-anak aktif dalam berbagai kegiatan masjid bisa sedikit melupakan rasa lapar. Ikut pesantren kilat atau belajar membuat menu berbuka puasa juga bisa menjadi alternatif dalam mengisi waktu saat puasa.

Sementara untuk kaum remaja hingga dewasa, mereka punya cara tersendiri dengan menyibukkan diri melalui berzikir, olahraga, atau memancing. Ada pula yang sibuk berjualan takjil di pinggir jalan atau pasar dadakan.

Di Bulan Puasa, semua makanan terlihat makin menggiurkan. Apalagi kala mentari bersinar terik, godaan menahan haus begitu tinggi. Tidak heran jika tiap menjelang waktu berbuka puasa tiba, ramai-ramai orang sibuk berjualan minuman segar.

Di setiap pasar dadakan penjual makanan berbuka, semuanya hampir dipastikan penuh. Di Ramadan ini setiap kota di Indonesia punya kekhasan masing-masing. Ada kue kicak di Yogyakarta. Bubur banjar di Solo. Lemang dari Sumatra.

Dan aneka kreasi es segar sebagai menu pembuka puasa. Semua jadi lebih lezat dan nikmat di Bulan Puasa. Yang jelas, saat berbuka adalah waktu yang paling ditunggu oleh umat muslim yang menjalankan ibadah puasa.(JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini