Sukses

Sepuluh Nama Calon Pimpinan KPK Lolos Seleksi

Pansel calon pimpinan KPK kemarin mengumumkan sepuluh nama calon pimpinan KPK yang lolos seleksi tahap ketiga. Sepuluh kandidat ini selanjutnya akan menjalani tes wawancara oleh Pansel KPK, pekan depan.

Liputan6.com, Jakarta: Tujuh belas nama calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK yang Selasa lalu menjalani tahapan penilaian dan psikotes mengerucut menjadi sepuluh nama. Ketua Panitia Seleksi, Menteri Hukum dan HAM, Patrialis Akbar, di Jakarta, Kamis (4/8), menyebutkan sepuluh orang tersebut berhak maju ke tahap selanjutnya, yaitu wawancara dan penelusuran rekam jejak.

Dari sepuluh nama tersebut, terdapat Penasehat KPK Abdullah Hehamahua, Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan atau PPATK Yunus Husein, serta praktisi hukum Bambang Widjojanto. Tahun lalu, Bambang Widjojanto maju menjadi calon ketua KPK bersama Busyro Muqoddas. Sementara itu, Egi Sutjiati merupakan satu-satunya calon perempuan yang masih bertahan dalam sepuluh besar.

Selanjutnya, sepuluh calon ini akan menjalani tes wawancara oleh Panitia Seleksi KPK. Sementara penelusuran rekam jejak mulai 4 sampai 13 Agustus mendatang. Delapan nama bakal dipilih dan diserahkan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono 18 agustus.

Delapan orang ini juga akan menjalani uji kelayakan dan kepatutan di hadapan anggota DPR. Panitia seleksi masih menerima pendapat dan masukan dari masyarakat terhadap integritas dan kapasitas sepuluh calon ini.(BOG)

Sepuluh Calon Pimpinan KPK Maju Tahap Wawancara

1. Abdullah Hehamahua (Penasehat KPK)
2. Abraham Samad (aktivis anti-korupsi)
3. Adnan Pandupradja (Kompolnas)
4. Aryanto Sutadi (purnawirawan polisi)
5. Bambang Widjojanto (advokat)
6. Egi Sutjiati (konsultan KPK)
7. Handoyo Sudrajat (Deputi PIPM)
8. Sayid Fadhil (akademisi)
9. Yunus Husein (ppatk)
10. Zulkarnain (Jaksa)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini