Sukses

Jalan-jalan ke Kota Bordir

Di Bangil, Pasuruan, Jatim, banyak sekali dijumpai pengrajin bordiran. Di daerah ini terdapat pusat bordir yang khusus memproduksi baju muslim.

Liputan6.com, Bangil: Bangil di Pasuruan, Jawa Timur dikenal sebagai kota bordir. Menurut laporan reporter SCTV Djati Darma, Kamis (4/8), Bangil memang pantas disebut kota bordir karena di daerah ini banyak sekali dijumpai pengrajin bordiran.

Salah satunya di Jalan Bader, Bangil. Ini adalah pusat bordir yang khusus memproduksi baju-baju muslim. Di tempat ini ada sejumlah karyawan yang memiliki keterampilan khusus membordir. Wahid, misalnya. Ia sudah 10 tahun menekuni pekerjaannya tersebut.

Ternyata di pusat bordir ini, selain karyawan pemiliknya juga mempekerjakan pengrajin lain. Menurut Faiz Yunianti, pemilik, ia sudah memberdayakan sekitar 1.000 orang dari pelosok desa. Mereka membuat produk untuk kalangan menengah ke bawah. "Produk kami sudah diterima di salah satu pusat grosir di Jakarta," katanya.

Trend baju muslim yang kini sedang digandrungi adalah baju yang divariasi dengan payet. Model ini didapat Faiz berdasarkan imajinasi yang dimodifikasi dengan penemuan atau pengalaman lain.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini