Sukses

Gempa 6,2 SR Menggoyang Pulau Honshu

Kawasan lepas pantai selatan pulau Honshu, Jepang, Senin (1/8) malam diguncang gempa berkekuatan 6,2 pada skala Richter. Informasi gempa ini disampaikan para ahli kegempaan Amerika Serikat (USGS).

Liputan6.com, Tokyo: Kawasan lepas pantai selatan pulau Honshu, Jepang, Senin (1/8) malam diguncang gempa berkekuatan 6,2 pada skala Richter. Informasi gempa ini disampaikan para ahli kegempaan Amerika Serikat (USGS).

Gempa bumi terjadi menjelang tengah malam itu berada di kedalaman sekitar 10 km, sekitar 39 km selatan Shizuoka dan 165 km selatan Tokyo. Menurut para ahli gempa AS itu, tak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan. USGS sebelumnya menyampaikan bahwa gempa bumi tersebut berkekuatan 5,9 SR. 

Pusat gempa kali ini berada jauh dari pusat gempa dan tsunami berkekuatan 9,0 yang terjadi 11 Maret silam. Jepang terletak di kawasan pertemuan empat lempengan tektonik, dilanda 20 persen gempa terkuat yang terekam di Bumi tiap tahunnya. (ANT/AFP/Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.