by

Sambut Ramadhan, Warga Yogyakarta Pawai Bedug

  • Sosial & Budaya
  • 0
  • 30 Jul 2011 18:29
Liputan6.com, Yogyakarta: Jelang Ramadhan, warga Yogyakarta menggelar parade bedug mengelilingi kota, Sabtu (30/7). Di sepanjang jalan bedug terus ditabuh untuk mengingatkan warga bahwa bulan suci telah menjelang. Selain itu acara ini sebagai ajakan agar umat muslim menegakkan ajarannya, antara lain berpuasa yang merupakan bagian rukun Islam.

Sementara itu, lantunan shalawat nabi mengiringi parade menyambut Ramadhan di Blora, Jawa Tengah. Selain untuk mengekspresikan kegembiraan atas datangnya bulan suci Ramadhan, pawai juga dimaksudkan sebagai syiar agar masyarakat memaksimalkan ibadah dengan menggiatkan amal saleh. Pawai Ramadhan yang menempuh jarak 10 kilometer ini, berakhir di depan masjid agung.
 
Di Semarang, Jateng, pawai menyambut Ramadhan diikuti ratusan murid taman kanak-kanak dan sekolah dasar. Tak hanya parade mereka juga menggelar aksi treatrikal untuk menyerukan masyarakat agar bersiap memasuki bulan puasa dengan penuh keikhlasan serta menghindari godaan.

Bulan suci Ramadhan tahun ini diperkirakan akan dimulai pada 1 Agustus mendatang. Namun pemerintah seperti tahun sebelumnya akan mengumumkan awal Ramadhan setelah menggelar sidang isbat.(IAN)
Comments
Sign in to post a comment