Sukses

KMP Bahuga Jaya Mogok Sepuluh Jam

Kapal roro KMP Bahuga Jaya milik PT Antosim Pelayaran Lampung dilaporkan mogok atau black out karena mesin rusak.

Liputan6.com, Merak: Wajah-wajah lelah, kecewa, dan marah menjadi ekspresi ratusan penumpang KMP Bahuga Jaya. Kapal roro penumpang milik PT Antosim Pelayaran Lampung itu dilaporkan mogok atau black out karena mesin rusak. Setelah hampir sepuluh jam terombang ambing di tengah laut, kapal berhasil berlabuh di Pelabuhan Merak, Banten, Jumat (29/7) sekitar pukul 24.00 WIB.

KMP Bahuga Jaya, buatan 1987, berhasil dievakuasi dua kapal penarik atau tugboat milik PT Pelindo II. Proses evakuasi terhadap kapal yang mengangkut 130 orang dan ratusan kendaraan ini tak mudah. Saat akan disandarkan di dermaga IV Pelabuhan Merak, rotor sandar kapal macet sehingga tali sandar kapal harus ditarik anak buah kapal. Kondisi ini sempat membuat penumpang panik.

Dengan rusaknya KMP Bahuga Jaya, maka jumlah kapal roro yang akan melayani arus mudik lebaran di penyeberangan Merak-Bakauheni dipastikan makin berkurang. PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Merak masih akan menunggu hasil pemeriksaan dan rekomendasi dari Administratur Pelabuhan atau Adpel Banten. Apakah KMP Bahuga Jaya bisa segera diperbaiki dan kembali masuk lintasan atau tidak.

Bila kapal-kapal yang melayani penyeberangan Merak-Bakauheni yang kebanyakan sudah berusia tua tidak segera diperbaiki atau diremajakan, dikhawatirkan arus mudik lebaran akan terganggu.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.