Sukses

Harimau Sumatra Belum Dievakuasi

Sejak ditangkap warga Padangpariaman, Sumatra Barat, Sabtu lalu, harimau Sumatra (panthera tigris Sumatrae) belum juga di evakuasi. Warga menuntut upacara adat.

Liputan6.com, Padangpariaman: Sejak ditangkap warga Padangpariaman, Sumatra Barat, Sabtu lalu, harimau Sumatra (panthera tigris Sumatrae) belum juga di evakuasi, Senin (11/7). Warga tidak bersedia menyerahkan hewan yang dilindungi itu kepada pemerintah, sebelum diadakan ritual adat.

Rencananya, Senin kemarin petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sumatra Barat akan mengevakuasi harimau betina itu. Bahkan, hewan itu masih berada dalam perangkap yang dibuat warga dari kayu, berukuran satu setengah kali dua meter.

Menurut warga, harimau itu sudah menimbulkan kerugian bagi warga karena memangsa hewan ternak mereka. Sebelum diserahkan kepada pemerintah, warga berencana menyelenggarakan ritual adat selama dua hari berturut-turut.

“Tradisi ini sudah kami dilakukan sejak dahulu kala,” kata Sutan Pangeran, pemuka masyarakat setempat.

Belum adanya kesepakatan itu, membuat nasib si belang menjadi tidak menentu. Kini, ia menjadi tontonan warga yang ingin melihatnya secara dekat.(SHA)




 













* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.