Sukses

Bolivia Rakit Pesawat Tempur Pertama

Para insinyur Bolivia dan Cina membuat pesawat tempur bersama. Hasilnya pesawat tempur K-8. Pesawat tempur ini menjadi yang pertama bagi Bolivia.

Liputan6.com, La Paz: Upaya pemerintah Bolivia dalam memerangi kelompok bersenjata yang menguasai perdagangan narkoba rupanya tidak main-main. Para insinyur pilihan ditugaskan untuk membuat pesawat tempur khusus. Untuk proyek ini, pemerintah bekerja sama dengan Cina. Hasilnya enam pesawat tempur Cina K-8.

Pejabat militer setempat, Komandan Kelompok Tempur AU 34, Gonzalo Sempertegui mengatakan kepada media setempat bahwa pesawat tersebut dapat digunakan untuk pelatihan lanjutan dan operasi militer taktis dengan kemampuan mencapai ketinggian yang terukur.

Pesawat tempur K-8 dirancang dan dibangun oleh 52 insinyur dari Bolivia dan Cina (24 insinyur Bolivia dan 28 dari Cina). Selain para insinyur, 12 pilot Bolivia juga ikut terlibat dalam perakitan yang digarap di daerah Cochabamba.

Pesawat tempur ini sejatinya diperoleh Bolivia melalui kredit kepada Cina. Selama ini, Bolivia hanya memiliki pesawat latih kargo dan tak memiliki pesawat tempur. Pesawat Cina K-8 adalah yang pertama bagi negeri di Amerika Selatan itu. (ANT/AFP/Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini