Kabupaten Tasikmalaya Terancam Bangkrut

on

Liputan6.com, Tasikmalaya: Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat terancam bangkrut. Dampak pemisahan dan pemindahan ibukota yang menguras banyak dana membuat tidak tersisa anggaran untuk pembangunan.

Pusat Pemerintahan Kabupaten Tasikmalaya berpindah ke Singaparna dari Kota Tasikmalaya pasca pemisahan. Dua bangunan setda dan DPRD Tasikmalaya terlihat megah. Tetapi dana pemindahan kota pemerintahan mencapai Rp 700 miliar rupiah hingga mengakibatkan kondisi keuangan Pemda Tasikmalaya terkuras. Bahkan cadangan dana saat ini tidak tersisa.

Ini berdampak pada terganggunya pelayanan masyarakat. Seperti Dinas Pendidikan yang mendapatkan Rp 12 miliar untuk anggaran belanja. Kini hanya Rp 1,1 miliar. Begitu juga dengan kerusakan infrastruktur jalan yang sampai saat ini belum bisa diperbaiki.

"Belum pailit sebenarnya, ngga ada dana aja," kata Bupati Tasikmalaya Ruzhanul Ulum, Kamis (7/7).

Belum lagi data yang menyebutkan anggaran untuk pegawai mencapai 70 persen dari total APBD. Jika tida ada bantuankeuangan, maka Pemkab Tasikmalaya terancam bangkrut. Kasus di Tasikmalaya ini menguatkan indikasi tidak efisien dan efektifnya birokrasi pemerintahan.(MEL)
Suka artikel ini?

0 Comments