Sukses

Aktivitas Gunung Lokon Belum Stabil

Aktivitas vulkanik Gunung Lokon di Tomohon, Sulawesi Utara, masih fluktuatif. Awan panas serta debu vulkanik masih menyembur dari mulut kawah.

Liputan6.com, Manado: Aktivitas vulkanik Gunung Lokon di Tomohon, Sulawesi Utara, masih fluktuatif. Awan panas serta debu vulkanik masih menyembur dari mulut kawah.

Hingga Selasa (5/7) siang, aktivitas Gunung lokon belum menunjukkan tanda-tanda penurunan. Semburan awan panas dan debu vulkanik masih terus keluar dari mulut kawah yang diikuti gempa tremor atau guguran magma.

Dari pengamatan visual, awan panas dan debu vulkanik bergerak menuju arah barat setinggi 100 hingga 200 meter. Meski dianggap masih aman, warga setempat diimbau agar tidak melakukan aktivitas di sekitar gunung dengan radius tiga kilometer.

Guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya letusan yang lebih besar, pemerintah setempat telah menyiapkan jalur evakuasi dan sejumlah lokasi penampungan untuk pengungsi.(MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini