Sukses

Urusan Ibadah Umroh Gagal Terganjal Visa

Ratusan calon jemaah umroh mendatangi biro perjalanan PT Al Haram di Kota Padang, Sumatera Barat, Kamis (30/6). Mereka menuntut pengembalian uang yang sudah disetorkan karena batal diberangkatkan.

Liputan6.com, Padang: Ratusan calon jemaah umroh mendatangi biro perjalanan PT Al Haram di Kota Padang, Sumatera Barat, Kamis (30/6). Mereka menuntut pengembalian uang yang sudah disetorkan karena batal diberangkatkan.

Sekitar 300 calon jemaah yang akan melakukan ibadah umroh itu tak bisa menahan emosi lantaran pihak biro perjalanan belum juga menggembalikan sepeser pun uang calon jamaah yang rencananya akan diberangkatkan 30 Juni. Para jemaah mengaku telah menyetorkan uang belasan juta rupiah demi bisa menunaikan umroh. Namun, sudah empat bulan lebih menunggu, mereka tak kunjung diberangkatkan ke Arab Saudi.

Rata-rata jemaah yang datang dari berbagai daerah di Sumatera Barat ini, sudah menyerahkan uang sekitar Rp 15 juta per orang. Menurut pengelola biro perjalanan itu, para calon jemaah itu gagal diberangkatkan karena urusan visa yang bermasalah. Demi mendapatkan haknya, mereka pun berencana menyita aset pengelola berupa rumah dan mobil.

Di Sukabumi, Jawa Barat, ribuan calon jemaah haji mendatangi kantor Imigrasi setempat. Mereka hendak membuat paspor jelang dua bulan pemberangkatan. Kebanyakan dari mereka datang dari Kota Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur. Mereka menyerbu kantor Imigrasi kelas dua Kota Sukabumi lantaran khawatir tak masuk dalam kuota paspor yang tersedia hingga gagal berangkat.

Menurut kepala seksi informasi sarana keimigrasian Sukabumi, Arief Ketut, hingga kini pihaknya sudah membuat seribu lebih paspor dari batas kuota sebesar 3.099 paspor. (APY/Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.