Ratusan Rumah di Kendari Terendam Banjir

  • Daerah
  • 0
  • 27 Jun 2011 04:47

110627abanjir-kendari.jpg
Liputan6.com, Kendari: Ratusan rumah di Jalan Martadinata, Kelurahan Kampung Salo, Kendari, Sulawesi Tenggara, Ahad (26/7) tergenang banjir hingga satu meter akibat meluapnya sungai. Akibatnya, arus lalu-lintas macet sepanjang 500 meter. Para pengendara yang nekat melintas harus hati-hati agar tidak terjebak di tengah banjir.

Banyak perabot rumah yang terendam karena tak sempat diselamatkan pemiliknya. Maklum, saat banjir datang kebanyakan warga tengah terlelap tidur. Banjir ini terjadi menyusul guyuran hujan deras sejak Sabtu petang hingga Ahad dini hari yang membuat Sungai Kampung Salo meluap. Pasangnya air laut yang tak jauh dari permukiman ikut memperburuk keadaan.

Tak hanya banjir, hujan lebat juga mengakibatkan tebing setinggi enam meter longsor dan menimbun gedung SDN 3 Kendari yang berada di Jalan Jeruk, Kampung Salo. Rumah guru dan penjaga sekolah juga tertimbun hingga rusak parah. Untunglah tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini karena sekolah sedang masa libur usai ujian.

Karena curah hujan masih tinggi, warga di sekitar tebing resah longsor akan terulang lagi. Saat ini warga bergotong-royong memperbaiki tanggul penahan sungai untuk mencegah longsoran tidak meluas.(ADO)

Terpopuler