Sukses

Lomba Dayung Ala Penduduk Pesisir Selatan

Perlombaan dayung kerap dilakukan di air tenang, tapi selaju sampan diadakan di laut berombak. Penentuan pemenang dan aturan lomba pun terbilang unik.

Liputan6.com, Painan: Warga di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat memiliki salah satu tradisi unik, yakni lomba selaju sampan. Kegiatan ini merupakan lomba dayung yang diikuti 10 pendayung setiap perahu.

Uniknya lagi bila lomba dayung dilaksanakan di air yang berarus tenang dan diikuti lebih dari dua peserta, selaju sampan tidak. Justru lomba diadakan di laut yang berombak dan hanya dua peserta yang bertarung setiap kali start. Jika peserta lebih dari dua kelompok, maka akan dilakukan perlombaan berulang kali, hingga didapatkan pemenang.

Penentuan pemenannya pun berbeda. Pemenang bukan yang pertama sampai di garis akhir namun yang mampu menyentuh labu-labu dengan dayungnya yang diletakkan di akhir perlombaan lebih dulu.(ARE/AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini