Sukses

Jembatan Sungai Pabelan Telah Diperbaiki

Satu dari dua jembatan Sungai Pabelan yang putus akibat terjangan banjir lahar dingin sudah diperbaiki. Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto meresmikan penggunaan jembatan itu.

Liputan6.com, Magelang: Satu dari dua jembatan Sungai Pabelan di Muntilan, Magelang, Jawa Tengah yang putus akibat terjangan banjir lahar dingin kini sudah dapat dilalui kendaraan. Jembatan penghubung Provinsi Jateng dan Yogjakarta di sisi utara itu diresmikan Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto di Desa Prumpung, Magelang, Sabtu (25/6) siang.

Djoko dalam peresmian jembatan didampingi Gubernur Jateng Bibit Waluyo dan Bupati Magelang Singgih Sanyoto. Jembatan baru ini dibangun kembali dengan kerangka baja trans Australia. Jembatan memiliki panjang sekitar 60  meter, tinggi 5,5 meter, dan terdiri 12 segmen kerangka baja. Setiap segmen terdiri lima meter dengan proses pembangunan memakan waktu lebih 60 hari.

Dengan kontruksi baru diharapkan dapat mengantisipasi gerusan di bawah jembatan atau groundsile jika terjadi terjangan lahar dingin kembali. Sementara para pengguna jalan mengaku senang dengan jadinya jembatan yang baru. Mursidah, warga setempat mengatakan tak khawatir akan terjebak macet lagi.

Kementrian PU bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga 2012 merencanakan program rehabilitasi dan rekonstruksi pasca-bencana Merapi. Ini termasuk perbaikan 52 jembatan di tiga kabupaten di Jateng yakni Kabupaten Klaten, Magelang, dan Boyolali. Beberapa kawasan di sana rusak akibat terjangan banjir lahar dingin Merapi.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.