Sukses

Kisah Sedih Para TKI

Kisah memilukan Ruyati yang dihukum pancung di Arab Saudi hanya salah satu kisah sedih tenaga kerja Indonesia. Juju Nurhayati, TKI asal Bandung, Jawa Barat, juga menyimpan cerita sedih perlakuan kasar majikan.

Liputan6.com, Bandung: Kisah memilukan Ruyati yang dihukum pancung di Arab Saudi hanya salah satu kisah sedih tenaga kerja Indonesia. Juju Nurhayati, TKI asal Bandung, Jawa Barat, juga menyimpan cerita sedih perlakuan kasar majikan.

Bekas luka terdapat di kaki dan punggung Juju. Luka itu didapatkannya ketika berusaha kabur dari rumah majikan. Juju kini hanya bisa diam di rumah. Ia masih ingat ketika bekerja di Madinah, Arab Saudi, majikannya memperlakukan dia dengan kasar, baik melalui cara bicara maupun perlakukan fisik. Ia kerap diberi jatah makan sehari satu kali. Tidak tahan mendapatkan tekanan batin dan fisik, empat bulan yang lalu, Juju pun kabur dengan melompat dari lantai dua rumah majikan hingga akhirnya dia dipulangkan ke Indonesia.

Pengalaman lain diceritakan Wilayanti. Mantan TKI asal Garut, Jawa Barat, ini menjadi saksi kekejaman majikan kepada TKI. Banyak TKI yang tidak dihargai, diperlakukan kasar, dan tidak bisa bersosialisasi selama bekerja. Sayangnya, perlawanan para TKi itu sebagian besar berakhir di penjara.

Memang tidak semua majikan di Arab Saudi berlaku kasar pada tenaga kerja wanita asal Indonesia. Sebagian TKI juga mendapatkan fasilitas naik haji dari majikannya. (YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini