Sukses

Pulangkan Jenazah Ruyati Tanpa Syarat

Keluarga mendesak pemerintah memulangkan jenazah Ruyati ke Tanah Air dari Arab Saudi. TKI asal Bekasi, Jabar, ini dihukum pancung karena membunuh ibu majikannya di Mekkas, Arab Saudi.

Liputan6.com, Jakarta: Pulangkan jenazah Ruyati tanpa syarat. Inilah pesan dari para pengunjuk rasa di depan Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (22/6), menyusul ekskusi pancung terhadap Ruyati. Tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Bekasi, Jawa Barat, ini divonis bersalah karena membunuh ibu majikannya di Mekkah, Arab Saudi.

Unjuk rasa juga diwarnai tabur bunga sebagai simbol duka serta keprihatinan yang mendalam rakyat Indonesia terhadap Ruyati. Di depan Istana Negara, keluarga meminta bantuan pemerintah memulangkan jasad Ruyati agar mereka bisa tenang.

Para demonstran juga meminta pemerintah meninjau kembali Undang-undang no 39 tahun 2004 tentang Penempatan dan Perlindungan TKI di luar negeri. Sebab, terkesan men-swastanisasikan penempatan TKI sehingga undang-undang tersebut tidak dapat menjawab persoalan buruh migran Indonesia.

Selain berorasi, keluarga juga telah mempersiapkan surat yang ditujukan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Surat itu isinya mendesak pemerintah memulangkan jenazah Ruyati ke Tanah Air segera.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.