Sukses

Earth Hour, Anies Imbau Warga DKI Matikan Listrik Malam Ini

Kampanye Earth Hour ini dilakukan dengan memadamkan lampu selama satu jam, pada pukul 20.30 - 21.30 WIB.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau seluruh warga Ibu Kota bisa ikut dalam aksi kampanye hemat energi, Earth Hour , nanti malam. Kampanye ini dilakukan dengan memadamkan lampu selama satu jam, pada pukul 20.30 - 21.30 WIB.

"Saya ingin menganjurkan kepada semua warga Jakarta untuk memadamkan lampu dan mengurangi penggunaan listrik. Kita ingin agar momen nanti malam menjadi pengingat hemat energi listrik," kata Anies di Universitas Indonesia, Depok, Sabtu (24/3/2018).

Di lingkungan Balai Kota Jakarta sendiri, Anies melanjutkan, kampanye Earth Hour serupa akan digaungkan dengan mematikan seluruh fasilitas Pemprov DKI.

"Kami di Pemprov mematikan seluruh fasilitas. Memang satu jam itu dibandingkan dengan 24 jam kehidupan kita tampaknya kecil, tapi saya berharap nanti malam bisa semuanya kita matikan," ajak dia.

Anies pun ingat kala dia menjadi Menteri Pendidikan, kampanye Earth Hour juga digalakkan. Saat itu, kantornya menjadi satu-satunya gedung yang gelap gulita di antara bangunan lainnya.

"Saya mengerjakan ini dulu, saya ingat di Kemdikbud kita melakukan, saya ingat waktu itu di Senayan satu-satunya lampu mati hanya gedung kita, yang lainnya masih nyala," kenang Anies.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Earth Hour di Bandara

PT Angkasa Pura I (Persero) mendukung kampanye global Switch Off Earth Hour 2018. Kegiatan penghematan energi dan peduli lingkungan yang digagas oleh World Wildlife Fund (WWF) ini serentak dilaksanakan di 13 bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I.

Acara Switch Off Earth Hour 2018 akan diselenggarakan pada Sabtu (24/3/2018) pukul 20.30 waktu setempat. Secara simbolis beberapa ikon di masing-masing bandara akan mematikan lampunya selama satu jam.

Bandara yang menjadi pusat penyelenggaraan Switch Off Earth Hour 2018 adalah Bandara Ngurah Rai, Bali. Bandara tersebut akan mematikan lampu pada ikonnya. Mulai dari tulisan I Gusti Ngurah Rai di bagian depan bandara, patung I Gusti Ngurah Rai, dan Candi Bendar.

"Kampanye ‘Switch Off Earth Hour 2018’ kami laksanakan secara serentak di 13 bandara yang kami kelola. Hal itu sebagai salah satu komitmen dan kepedulian Angkasa Pura I untuk mengurangi pemanasan global, perubahan iklim, serta mewujudkan lingkungan hidup yang lebih baik seperti yang dicanangkan oleh WWF,” ujar Direktur Utama Angkasa Pura I, Faik Fahmi, Jumat, 23 Maret 2018.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.