Sukses

3 Pimpinan Baru MPR Dilantik Senin Siang

Tiga pimpinan yang akan dilantik berasal dari tiga partai politik, yaitu Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), PDI Perjuangan, dan Partai Gerindra.

Liputan6.com, Jakarta - Tiga pimpinan baru MPR akan dilantik dan mengucapkan sumpah dalam sidang paripurna pada Senin lusa. Demikian disampaikan Kepala Biro Humas MPR Siti Fauziah dalam acara Media Expert Meeting.

"Tiga pimpinan MPR akan dilantik dalam sidang paripurna pada Senin mendatang pukul 13.00 WIB," ujar Siti di Bukittinggi, Sumatera Barat, Sabtu (24/3/2018).

Dia melanjutkan, tiga pimpinan yang akan dilantik berasal dari tiga partai politik, yaitu Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), PDI Perjuangan, dan Partai Gerindra.

"Pimpinan baru MPR yang akan dilantik Ketua Mahkamah Agung di sidang paripurna Senin lusa adalah Bapak Muhaimin Iskandar (PKB), Ahmad Muzani (Gerindra), dan Ahmad Basarah (PDIP)," ujar Siti.

Sementara terkait dengan pergantian pimpinan MPR dari Partai Golkar, Siti mengatakan tidak ada agenda pergantian pada Senin lusa. Apalagi, kalaupun pergantian pimpinan MPR dilakukan, itu tidak dalam forum sidang paripurna.

"Pergantian pimpinan MPR tidak di sidang paripurna, melainkan di rapat pimpinan MPR," jelas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siap Digugat

Sebelumnya, Ketua MPR Zulkifli Hasan menyatakan, siap menghadapi gugatan para pihak yang tidak sepakat dengan penambahan pimpinan baru MPR. 

MPR memutuskan melantik dua pimpinan MPR tambahan pada Senin, 26 Maret mendatang.

"Kalau nanti ada gugatan, itu soal hukum silakan saja. Kita tentu di MPR juga banyak ahli-ahli hukumnya. Saya kira demikian," kata Zulkifli di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Rabu, 21 Maret 2018

Ketua Umum PAN ini juga tidak ambil pusing serta tidak mau berandai-andai lebih jauh mengenai kemungkinan adanya gugatan itu. Hal terpenting, pimpinan tambahan di MPR bisa segera dilantik.

"Itu urusan nanti," ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.