Sukses

Perangkat Desa Penuhi Jalan Depan Gedung DPR

Tak hanya membuat macet, pengunjuk rasa juga sempat merusak kawat berduri. Pengunjuk rasa minta DPR bahas draf RUU Perangkat Desa.

Liputan6.com, Jakarta: Demo ribuan perangkat desa berlanjut ke Gedung DPR di Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin (20/6). Aksi nyaris ricuh ketika pengunjuk rasa menutup jalan sehingga menimbulkan kemacetan.

Tak hanya membuat macet, pengunjuk rasa juga sempat merusak kawat berduri. Beruntung ketegangan mulai melunak ketika pengunjuk rasa membuka jalan. Saat itu mereka mendapat laporan bahwa draf Rancangan Undang-Undang Pemerintahan Desa telah diterima DPR.

Sebelumnya, ribuan orang perangkat desa berdemo di depan Gedung Kementerian Dalam Negeri di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Di sana mereka juga menuntut agar DPR segera mengesahkan RUU tentang pemerintah desa. Rencananya masalah tersebut akan dibahas pada 1 Agustus mendatang [baca: Perangkat Desa Tuntut RUU Perangkat Desa Disahkan].

Dalam RUU Pemerintah Desa disebutkan agar para kepala desa dapat diangkat sebagai pegawai negeri. Dengan begitu mereka mendapat fasilitas dari negara layaknya pegawai negeri.(ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini