Sukses

Peredaran 3 Merk Sarden Asal China Mengandung Cacing Pita Ditarik

Petugas BBPOM Pekanbaru, Riau, amankan tiga merk sarden asal China yang mengandung cacing pita di dalamnya.

Liputan6SCTV, Pekanbaru - Tiga merek ikan dalam kemasan kaleng yang beredar di pasaran mengandung cacing pita. Seperti ditayangkan Liputan6 Pagi SCTV, Sabtu (24/3/2018), distributor dan importir diminta segera menarik produk tersebut dari peredaran.

Sejumlah toko dan supermarket di Pekanbaru, Riau, disisir Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Yang dicari adalah tiga merek ikan dalam kemasan kaleng yang terindikasi mengandung cacing pita. Ketiga produk yang berasal dari China tersebut adalah sarden makarel merek dagang IO, Farmer Jack, dan Hoki.

Untuk menyelamatkan konsumen dan menghindari hal yang lebih buruk, BBPOM pun menarik produk tersebut dari peredaran. Importir pun telah diberi surat agar segera menarik semua barang yang telah beredar sesegera mungkin.

Bakteri yang ada di dalam makanan kaleng jenis sarden tersebut sangat membahayakan kesehatan, karena bisa menembus saluran pencernaan sehingga memicu kematian.

Sementara di Bandar Lampung, Lampung, razia produk ikan dalam kemasan kaleng juga digelar di tiga swalayan besar. Bahkan razia yang digelar Dinas Kesehatan di sejumlah swalayan di Kabupaten Batanghari, Jambi, petugas langsung menemukan beberapa cacing di dalam produk tersebut. Warga diimbau untuk lebih berhati-hati dan waspada dalam mengkonsumsi makanan dalam kemasan.