Sukses

Banjir Mematikan di Cina Telan Korban

Lebih dua juta orang menjadi korban banjir mematikan di Cina bagian timur. Hujan deras terus berlanjut menyebabkan sebagian besar provinsi Zheijang dan Hubei tenggelam.

Liputan6.com, Zheijang: Lebih dua juta orang menjadi korban banjir mematikan di Cina bagian timur. Hujan deras terus berlanjut menyebabkan sebagian besar provinsi Zheijang dan Hubei tenggelam. Demikian dilaporkan kantor berita pemerintah Xinhua, Ahad (19/6). Sekitar seribu tempat usaha terganggu, persawahan rusak sehingga membuat harga pangan melonjak.

Banjir bulan ini merupakan yang terburuk sejak 1955, menewaskan 170 orang, kata sejumlah laporan. Pemerintah telah mengerahkan pasukan untuk mengungsikan ratusan ribu orang. Skala bencana ini dinaikkan ke tingkat tertinggi atau kategori empat.

Curah hujan permulaan pekan ini memicu longsor yang mengubur sejumlah rumah dan menewaskan paling tidak dua orang di Zhejiang dan dua lainnya di Hubei. Banjir terjadi setelah kekeringan berbulan-bulan merusak tanaman di bagian tengah dan utara Cina.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.