Sukses

Tapanuli Utara Diguncang Gempa 5,1 SR

Sekitar pukul 19.00 WIB, gempa berkekuatan 5,1 skala Richter mengguncang Tapanuli Utara, Sumut. Meski tak berpotensi tsunami, ratuwa warga memilih mengungsi dan tinggal di luar rumah mereka.

Liputan6.com, Tapanuli Utara: Gempa berkekuatan 5,1 skala Richter mengguncang kawasan Tapanuli Utara, Sumatra Utara, Sabtu (18/6) sekitar pukul 19.00 WIB. Di beberapa titik sejumlah bangunan rusak dan jalan retak-retak akibat gempa. Namun, belum dilaporkan adanya korban jiwa akibat peristiwa ini.

Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG, gempa tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Namun, sejak semalam, ratusan warga Desa Simangumban, Tapanuli Utara, terpaksa menginap di tenda-tenda darurat yang didirikan di pinggir jalan. Mereka masih trauma dan panik akibat gempa.

Selasa lalu, gempa berkekuatan 5,5 skalar Richter mengguncang Tarutung. Gempa mengacaukan lalu lintas di jalan lintas Sumatra lantaran para pengguna jalan meninggalkan kendaraannya untuk menyelamatkan diri [baca: Gempa Tarutung Macetkan Lalu Lintas].(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini