Sukses

Puluhan Ekor Buaya Dipindahkan

Sebanyak 40 ekor buaya muara dipindahkan dari sebuah lokasi penangkaran di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, ke tempat penangkaran baru di Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu.

Liputan6.com, Banjar Baru: Sebanyak 40 ekor buaya muara dipindahkan dari sebuah lokasi penangkaran di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, ke tempat penangkaran baru di Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu. Proses evakuasi puluhan ekor buaya ini ternyata tidak mudah. Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam setempat benar-benar menjaga agar binatang melata itu tidak terlepas karena bisa mengancam jiwa manusia. Sejumlah pawang buaya dari Pulau Jawa pun didatangkan.

Dan buaya-buaya itu kembali bebas di alamnya setelah menempuh jarak 265 kilometer di kawasan lahan PT Jhonlin eks PT Kodeco. Di tempat barunya ini buaya-buaya tersebut menempati lahan seluas lima hektare. Lokasi ini adalah bekas tambang batubara yang belum direklamasi dan kemudian dimanfaatkan sebagai penangkaran buaya.

Semua hewan milik negara ini terpaksa dipindahkan karena pemilik sebelumnya bangkrut dan tak mampu lagi memberi makan. Setiap hari diperlukan 100 ekor ayam dengan biaya sekitar Rp 750 ribu.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.