Sukses

Harimau Bersarang di Pekarangan, Warga Ketakutan

Harimau liar spesies Sumatra dikabarkan dalam tiga hari terakhir terus "bersarang" di pekarangan rumah warga Dusun Geniot, Kota Dumai, Riau.

Liputan6.com, Dumai: Harimau liar spesies Sumatra (Panthera tigris sumatrae) dikabarkan dalam tiga hari terakhir terus "bersarang" di pekarangan rumah warga Dusun Geniot, Kelurahan Basilam Baru, Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai, Riau.  Akibatnya warga takut untuk keluar rumah dan lebih memilih mengurung diri di dalam rumah.

Seorang warga Dumai, Fahmi, Selasa (14/6), mengatakan kemunculan harimau di pekarangan rumah warga bukan sekali saja terpantau, dalam sehari terkadang bisa dua sampai tiga kali. "Harimau itu juga terkadang tidur-tiduran di teras rumah warga sekitar 15 menit bahkan setengah jam.

Saat ini kata Fahmi, banyak warga yang memilih untuk mengungsi ke rumah kerabat atau tetangga yang berjarak cukup jauh dari kawasan hutan dan perkebunan mereka. "Warga-warga ini mengungsi sudah sejak dua hari lalu, namun hanya malam hari saja. Siang hari mereka tetap berada di rumah," ujarnya.

Seorang Ketua Rukun tetangga di Dusun Geniot, Muhammad Syarif, mengatakan, saat ini pihaknya telah melaporkan kasus kemunculan harimau liar ke pihak pemerintah kelurahan dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

"Sejauh ini belum ada tindak lanjut atas laporan kami. Hanya BKSDA yang telah turun, itu pun untuk kepentingan pemantauan," kata Syarif.(ANT/ARE)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.