Sukses

3 Calon Kepala Daerah Berbagi Kisah di Inspirato Liputan6.com

Tiga calon kepala daerah yang tengah bertarung di pilkada serentak berbicara di depan mahasiswa dan disiarkan langsung dalam program Inspirato Liputan6.com, Selasa kemarin.

Liputan6.com, Jakarta - Tiga calon kepala daerah yang tengah bertarung di pilkada serentak berbicara di depan mahasiswa dan disiarkan langsung dalam program Inspirato Liputan6.com, Selasa 20 Maret 2018 kemarin.

Seperti ditayangkan Liputan6 Pagi SCTV, Rabu (21/3/2018), berbicara di depan para mahasiswa dan disiarkan langsung secara live streaming dalam program Inspirato Liputan6.com. Satu per satu Cawagub Jawa Timur Emil Dardak, Cawagub Jawa Barat Dedi Mulyadi, dan Cagub Jawa Tengah Ganjar Pranowo berbicara untuk memberi inspirasi dan motivasi.

Emil Dardak yang menyelesaikan kuliah hingga meraih gelar doktor di luar negeri berbagi pengalamannya saat masuk SMP ditegur gurunya. Saat itu ia diingatkan nilainya bisa membuat dirinya masuk ke kelas jauh.

"Bayangkan rasanya dibicarakan depan banyak orang dan gimana kalau tidak punya mental? Atau kita jadikan itu sebagai semangat. Tidak ada yang tidak mungkin" ujar Cawagub Jawa Timur Emil Dardak.

Cawagub Jawa Barat Dedi Mulyadi dikenal karena kebijakannya yang unik selama dua periode memimpin Kabupaten Purwakarta. Misalnya, ia menekankan cinta seni dan budaya lokal dengan mengenakan pakaian adat sunda. Menurut Dedi, pengalaman hidup yang akan memperkaya kepemimpinan seseorang.

"Orang akan memahami proses seorang pemimpin. Pemimpin akan sangat menguasai pertanian dengan sempurna karena pengalaman hiduplah yang mengantarkan manusia kaya akan kepemimpinan," kata Cawagub Jawa Barat Dedi Mulyadi.

Sementara, Cagub Jawa Tengah Ganjar Pranowo berkisah perjuangan dirinya yang berasal dari keluarga miskin. Ayahnya hanya pensiunan polisi dengan pangkat rendahan sehingga harus hidup prihatin.

"Saya pernah jualan bensin. Saat itu manajemen gizi kita diperbaiki agar tidak lapar. Maka sarapan dengan makan siang kita dekatkan," kata Cagub Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Berkat perjuangannya itu, Ganjar meraih gelar sarjana hukum di UGM (Universitas Gadjah Mada) dan sempat jadi pengacara. Ia kemudian menjadi anggota DPR dan pada 2013 terpilih sebagai Gubernur Jawa Tengah.