Sukses

BNN Targetkan Ringkus 26 Jaringan Narkoba di Indonesia

Kepala BNN tidak merinci secara gamblang puluhan jaringan yang dimaksud.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Irjen Heru Winarko menyampaikan bahwa lembaganya sudah menargetkan keberhasilan yang harus dicapai. Salah satunya meringkus 26 jaringan narkoba nasional dan internasional yang hilir mudik di Indonesia.

Hal itu diungkapkan Heru dalam diskusi Forum Merdeka Barat 9 bertemakan 'Pemerintah Serius Tangani Narkoba' di Jakarta Pusat, Selasa (20/3/2018).

"BNN kita khususkan untuk sindikat. Kalau Polda bisa tangkap bandar atau pengguna saja, tapi kalau kita sindikat. Ada 26 sindikat yang kita targetkan kita sikat di 2018," ujar Heru.

Dia tidak merinci secara gamblang puluhan jaringan yang dimaksud. Heru hanya menyebut target itu meningkat setelah pada tahun sebelumnya BNN mengejar 24 jaringan.

"Jumlahnya relatif. Bisa malah ketangkep terus berkembang. Nah kita akan terus cari. Karena awalnya satu jaringan tiba-tiba bisa pecah jadi banyak. Tahun lalu 24 jaringan, sekarang 26 jaringan," jelas dia.

Selain itu, BNN terus berupaya memperbaiki sistem agar dapat menekan masuknya narkoba ke Indonesia.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Edukasi Masyarakat

Kemudian, kata dia, melakukan pemberdayaan masyarakat baik di kota maupun desa agar paham tentang bahaya narkoba. Termasuk juga menangani banyaknya pengguna narkotika.

"Banyak narkoba masuk ke Indonesia karena harganya. Di Cina 1 gram Rp 25 ribu, di Iran 1 gram Rp 50 ribu, di Indonesia Rp 1,5 juta. Nah ini bagaimana suplainya bisa kita tekan dan penggunanya kita pangkas," Heru menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.