Sukses

Yayasan Budha Gelar Operasi Katarak Gratis

Yayasan Budha Tzi Chi Jayapura melakukan bakti sosial dengan mengadakan operasi gratis bagi ratusan penderita katarak yang tersebar di seluruh wilayah Papua.

Liputan6.com, Papua: Yayasan Budha Tzi Chi Jayapura mengadakan operasi katarak gratis bagi ratusan penderita katarak yang tersebar di wilayah Papua, Senin (13/6). Acara yang digelar sejak kemarin ini mengingat banyaknya penderita katarak di Jayapura. Operasi berlangsung di Rumah Sakit Polri Bhayangkara Jayapura.

Pasien operasi katarak berjumlah 343 orang. Mereka berasal dari seluruh daerah Papua, yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Kerrom, Kabupaten Sarmi dan Kabupaten Jayawijaya. Para penderita yang umumnya lanjut usia ini mengaku senang karena dapat dioperasi secara gratis. Mengingat biaya operasi katarak mahal yang mencapai Rp 10 juta sampai Rp 30 juta.

Kebahagiaan itu pula yang dirasakan Yandi Mokay, seorang pasien. Penyakit yang diderita selama kurang lebih dua tahun itu kini bisa diobati.
 
Sementara Ketua Yayasan Budha Tzi Chi wilayah Papua Harry Pirono mengatakan tujuan dari bakti sosial ini juga untuk membangkitkan semangat humanitas. Sehingga mereka yang tertolong bisa tergugah membagi cinta kasih pada semua orang.

Operasi katarak hari ini adalah yang terakhir. Enam orang dokter ahli dari Jakarta dan Makassar, Sulawesi Selatan didatangkan serta melibatkan ratusan relawan dari Jayapura.(ARE/AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini