Sukses

Sungai Mendangkal, Warga Manfaatkan untuk Bertani

Maraknya penambangan pasir liar di Sungai Brantas di Kecamatan Plandaan, Jombang, Jatim, membuat pendangkalan sejumlah titik, di antaranya di Kecamatan Kudu, Jombang. Warga di tempat itu memanfaatkannya sebagai lahan pertanian.

Liputan6.com, Jombang: Maraknya penambangan pasir liar yang menggunakan mesin penyedot di Kecamatan Plandaan, Jombang, Jawa Timur, membuat sejumlah titik di Sungai Brantas mendangkal,Senin (13/6). Diperkirakan, pendangkalan mencapai puluhan hektare.

Dari pantauan Liputan 6 SCTV, pendangkalan itu dimanfaatkan warga Desa Menturus, Kecamatan Kudu, untuk menjadikan sungai sebagai lahan pertanian. Pada musim penghujan, warga menaman padi, dan pada musim kemarau, warga menanam kangkung dan palawija.

Untuk mengairi tanaman di lahan pendangkalan, warga menggunakan mesin pompa air. Hal itu dilakukan lantaran permukaan air mencapai dua meter dari lahan pendangkalan.(BJK/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini