Sukses

Sepuluh Tahun Hidup dalam Pasungan

Sejumlah penderita gangguan jiwa yang tersebar di Kalimantan Selatan dipasung oleh keluarganya. Bahkan sebagian mereka telah dipasung selama puluhan tahun.

Liputan6.com, Banjar: Sejumlah penderita gangguan jiwa yang tersebar di Kalimantan Selatan dipasung oleh keluarganya. Bahkan sebagian mereka telah dipasung selama puluhan tahun. Salah satu penderita gangguan mental yang dipasung adalah Armaya yang tinggal di Kampung Sungai Arafat, Kecamatan Karang Intan, Martapura.

Gadis 24 tahun ini menghabiskan 15 tahun masa mudahnya dalam pasungan. Tak punya dana membuat keluarga Armaya memilih tidak membawanya berobat. Armaya hanya diobati dengan menggunakan jasa dukun. Kehidupan Armaya amat memprihatinkan. Tinggal di ruang sempit yang tak sehat dan kaki dipasung yang membuat tak bisa beranjak.

Kisah serupa dialami Syarifudin. Sembilan tahun ia habiskan dengan dirantai dan ditempatkan di bilik kecil di belakang rumahnya. Sang ibu yang buruh tani tak punya uang untuk membawanya ke rumah sakit. Mayoritas keluarga penderita gangguan jiwa adalah miskin. Harapan digantungkan pada pemda untuk membantu perawatan itu.(JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini