Sukses

[Cek Fakta] Info Tsunami 6 Meter Bikin Warga Tasikmalaya Resah

Di tengah kepanikan usai gempa 6,9 SR, beredar informasi akan ada tsunami 6 meter.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa 6,9 skala Richter mengguncang wilayan Selatan Jawa. Sistem peringatan dini tsunami berbunyi. Di tengah kepanikan, beredar informasi akan ada tsunami 6 meter.

Gempa terjadi pada Jumat 15 Desember 2017. Warga Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat berhimpun di lokasi titik kumpul evakuasi. Satu jam setelah sistem peringatan dini tsunami dicabut, warga diperbolehkan pulang.

Lalu beredar info yang menyebutkan, air laut sudah naik setinggi 6 meter. Ada pula video amatir ketinggian air.

"Masyarakat sudah kembali berangsur pulang ke rumah. Masalahnya jutru dari info hoax itu, masyarakat jadi resah. Padahal itu video banjir beberapa waktu lalu," kata Relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kecamatan Cipatujah Rahmat Saputra, Sabtu 16 Desember 2017.

Akibat informasi hoax tersebut, warga sempat enggan meninggalkan titik kumpul evakuasi. Namun Rahmat menjelaskan, debit air dalam kondisi normal hingga sistem peringatan dini tsunami dicabut.

Kepala BPBD Kabupaten Tasikmalayan Alfian mendata dampak yang ditimbulkan akibat gempa. Alfian mengimbau masyarakat khususnya di pesisir pantai untuk tetap waspada.

"Kita kumpulkan relawan untuk cek ke lapangan. Warga sudah sangat paham bagaimana prosedur evakuasi, tetapi kami minta tetap waspada," kata Alfian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini