Sukses

[Cek Fakta] Gempa Susulan 7,5 SR Guncang Bagian Selatan Jawa Barat

Beredar kabar bohong atau hoax seputar gempa susulan 7,5 SR di bagian selatan Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa bumi berkekuatan 6,9 skala richter (SR) mengguncang Jawa Barat bagian selatan, 15 Desember 2017 kemarin. Pasca guncangan besar itu, beredar informasi di media sosial terkait akan adanya gempa susulan 7,5 SR.

Badan Meteorologi dan geofisika (BMKG) pun merespon kabar tersebut. BMKG memastikan, kabar seputar gempa susulan tersebut adalah hoax atau berita bohong. Kabar tersebut pun dikhawatirkan bisa menimbulkan keresahan di masyarakat.

Informasi yang mengatasnamakan BMKG itu berbunyi "Diharap keluar rumah nanti malam pukul 22.30-23.59 dikarenakan petensi gempa susulan sebesar 7,5 SR Magnitude. Bagi yang tahu harap sebarkan berita penting ini'

Kepala Bagin Humas BMKG Hary Tirto Djatmiko menjelaskan, tidak pernah menyampaikan isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan dan membohongi masyarakat. Oleh karena itu, BMKG mengimbau masyarkat tidak terpengaruh akan informasi tersebut.

"Perlu diketahui bahwa sampai saat ini belum ada teknologi yang dapat memprediksi dengan tepat, kapan, di mana dan berapa kekuatan gempa yang akan terjadi. Berita itu hanya hoax atau isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan dan membohongi masyarakat karena isu tersebut tidak mempunyai dasar ilmiah yang jelas," jelas Hary.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini