Sukses

Koalisi Umat Islam Sumut Beri Mandat Cak Imin Maju di Pilpres 2019

Sosok Cak Imin dinilai sebagai refresentatif dari politisi muda Islam yang berasal dari Nahdatul Ulama

Liputan6.com, Jakarta - Dukungan untuk Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebagai calon pemimpin nasional di 2019 terus mengalir. Kali ini datang dari Koalisi Umat Islam Sumatera Utara.

Perhimpunan ini dipimpin Mustasyar NU Sumut Ustaz Jaharuddin beserta sekitar 100 ustaz dan alim ulama serta para guru agama dari Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Langkat dan Binjai. Pernyataan dukungan itu disampaikan pada Minggu 18 Maret di Hotel Grand Inna, Medan.

"Kami memberikan amanah kepada Muhaimin Iskandar untuk dapat tampil sebagai calon wakil presiden ataupun calon presiden 2019," kata Jaharudin.

Sosok Cak Imin dinilai sebagai refresentatif dari politisi muda Islam yang berasal dari Nahdatul Ulama yang mempunyai latar belakang santri dan menjunjung tinggi prinsip-prinsip politik ulama.

Selain itu, sambung dia, karakter dan kultur politik Cak Imin yang santun bisa menjadi perekat seluruh anak bangsa dari berbagai agama, ideologi dan spektrum politik yang ada di Indonesia.

"Sehingga menimbulkan dampak politik yang sehat dan damai di kemudian hari. Dan juga Muhaimin akan mampu menyatukan kekuatan agama dan nasionalis yang akan menjaga tegaknya NKRI dan membawa Indonesia menjadi adil dan makmur," tegasnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Umat Diminta Bersatu

Dalam kesempatan itu Koalisi Ummat menyerukan kepada seluruh umat Islam untuk menyatukan diri, mengonsolidasikan semua kekuatan untuk menggagas Poros Islam Kebangsaan. Poros ini diharapkan dapat menjadi sarana persatuan umat dalam agenda politik nasional. Di mana Muhaimin Iskandar dapat menjadi tokoh pemersatunya.

Mandat itu diserahkan kepada Ketua DPP PKB Jazilul Fawaidz dan Wakil Sekretaris Jenderal DPP PKB Dita Indah Sari yang mewakili Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

Adapun para ulama itu berasal dari berbagai institusi keagamaan Nahdlatul Ulama, Al Wasliyah, Badan Koordinasi Majlis Taklim, Jam'iyatul Mu'allimin, Badan Koordinasi Mubaligh Sumut, Muhammadiyah, MUI, dosen, guru agama, dan lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.