Sukses

Mabes TNI Masih Bahas Pengganti George Toisutta

Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) Markas Besar Tentara Nasional Indonesia belum juga memutuskan nama pengganti Jenderal George Toisutta sebagai Kepala Staf Angkatan Darat.

Liputan6.com, Jakarta: Markas Besar TNI hingga kini masih membahas pengganti Jenderal TNI George Toisutta sebagai Kepala Staf Angkatan Darat. Juru bicara TNI Laksamana Muda TNI Iskandar Sitompul ketika dikonfirmasi di Jakarta, Kamis (9/6), mengatakan, Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) Markas Besar Tentara Nasional Indonesia belum juga memutuskan nama penggantinya. "Tiga nama calon yang beredar hingga kini Masih diproses," ujarnya.

Ketiga nama calon yang beredar itu adalah Letnan Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo yang kini menjabat Panglima Komando Strategis dan Cadangan Angkatan Darat (Kostrad). Pramono Edhie disebut sebagai calon terkuat menggantikan George Toisutta.  Adik istri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu dinilai mumpuni menduduki kursi nomor satu di matra darat.

Pramono pernah menjabat sebagai ajudan presiden pada era Megawati Soekarnoputri. Dia juga pernah menjabat sebagai Danjen Kopassus pada 2008-2009. Lulusan terbaik Akademi Militer angkatan 1980 itu juga sempat menduduki posisi Pangdam Siliwangi pada 2009 sebelum menjabat sebagai Pangkostrad pada 2010.

Nama lain yang menjadi pesaing Pramono Edhie adalah Letjen TNI Budiman yang saat ini menjabat sebagai Wakil Kasad. Budiman merupakan lulusan terbaik Akademi Militer angkatan 1978. Budiman mengawali karier di TNI sejak 1 Desember 1978. Pria kelahiran Jakarta, 25 September 1956, tersebut pernah mengemban beberapa jabatan penting dan strategis.

Di antaranya Komandan Batalyon Zeni Tempur-10 Kostrad pada 1995, Pangdam III Siliwangi pada 2003, serta Perwira Staf Ahli Tk III Bidang Polkamnas Panglima TNI 2008. Budiman juga pernah diangkat sebagai Pangdam IV/Diponegoro setelah menjabat Sekretaris Militer Kepresidenan pada 2008.

Selain keduanya, terdapat juga nama rekan satu angkatan Budiman, Letjen TNI Marciano Norman, yang saat ini menjabat sebagai Komandan Kodiklat TNI di Bandung. Marciano yang kelahiran Banjarmasin 28 Oktober 1954 juga memiliki karier cukup cemerlang. Putra Mayjen TNI (Purn) Norman Sasono ini pernah menjabat sebagai Direktur Analisa Lingkungan Strategis Dirjen Strategi Pertahanan Departemen Pertahanan. Marciano juga sempat menjadi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden pada 2008 sebelum diangkat sebagai Pangdam Jaya 2010.

Terkait ketiga calon terbuat Jubir TNI Iskandar mengatakan, "Tiga-tiganya jenderal bintang tiga dan sama-sama senior, dan berpeluang untuk menjabat Kasad," ujarnya.(Ant/ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini