Sukses

Bersihkan Sampah Teluk Jakarta, Pemprov DKI Kerahkan Alat Berat

Pemprov DKI yakin target pengangkutan sampah di teluk Jakarta ini tuntas dalam kurun waktu kurang dari 7 hari.

Liputan6.com, Jakarta - Pengangkutan sampah di Blok Empang Kali Adem, Muara Angke, Jakarta Utara mulai mengerahkan alat berat amphibi excavator swamp sejak hari ke-2, Minggu (18/3/2018). Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu Yusen Herdiman yakin target pembersihan sampah di teluk Jakarta ini tuntas dalam kurun waktu kurang dari 7 hari.

"Kalau pakai alat berat saya yakin hanya beberapa hari optimis," ujar Yusen.

Hari pertama pengangkutan yang dilakukan secara manual berhasil membawa total 19 ton sampah tidak terurai menuju Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang.

Sementara pengangkutan sampah teluk Jakarta yang dilakukan secara manual sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB hari ini, sebelum kedatangan alat berat, mengangkut sebanyak 3 ton.

Yusen belum berencana menambah alat berat, tapi dirinya siap apabila penambahan diperlukan. "Kalau memang kurang, kita koordinasikan. Kalau memang butuh kan ada amphibi ini," ucap Yusen.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siapkan 4 Kapal

Ada empat kapal yang disiapkan untuk mengangkut sampah tidak terurai. Kapal-kapal itu akan mengantar sampah ke truk yang jaraknya sekitar 1 kilometer dari titik lautan sampah Blok Empang Kali Adem. 

Lalu, sampah akan dibawa truk menuju Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPST) Bantar Gebang. Sementara sampah yang bisa terurai akan dijadikan media untuk penanaman magrove yang telah diterapkan di daerah sekitar oleh Komunitas Mangrove Muara Angke (KOMMA).

Menurut Yusen, 60 persen sampah di Kepulauan Seribu merupakan kiriman yang terbawa angin barat. Untuk itu, dirinya memohon agar masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan di laut.

"Satu pesan, masyarakat jangan buang sampah di kali, di sungai aja. Hulunya kan itu," pesan Yusen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.