Sukses

Cikuluwung, Air Terjun di Tengah Ngarai yang Eksotik

Curug yang berasal dari Hulu Curug Seribu ini menyuguhkan sebuah simfoni alam yang amat spektakuler dan keindahan yang sukar diungkapkan dengan kata-kata.

Liputan6.com, Jakarta - Bogor, Jawa Barat, dikenal sebagai salah satu destinasi wisata unggulan Nusantara. Keindahan alamnya seolah tak akan pernah habis untuk dijelajahi. Jika selama ini Anda hanya mengenal air terjun atau Curug Seribu di Gunung Salak Endah, Curug Cilember di Puncak Cisarua, maka Anda perlu kembali ke Bogor untuk mengunjungi keunikan air terjun lainnya. Curug Cikuluwung adalah salah satunya.

Air terjun ini berada di Kampung Suka Asih, Desa Cibitung Wetan, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Curug yang berasal dari Hulu Curug Seribu ini menyuguhkan sebuah simfoni alam yang amat spektakuler dan keindahan yang sukar diungkapkan dengan kata-kata.

Diapit oleh dinding batu yang indah dan unik, seperti diukir menggunakan tangan manusia. Apabila tersorot sinar matahari, dinding batu memancarkan warna yang eksotik.

Di tengahnya mengalir aliran sungai Cikuluwung yang jernih, turun dari atas tebing dengan ketinggian sekira 5 meter. Sehingga tak jarang pengunjung datang bukan hanya untuk berenang, tapi juga berfoto.

Terdapat pula sebuah spot di atas tebing untuk melihat pemandangan air terjun Cikuluwung.

Untuk mencapai mata air tersebut, anda harus menuruni tangga yang cukup curam di dinding tebing. Namun tak perlu takut, karena ada pemandu yang akan menjaga anda disaat naik atau menuruni tebing batu.

Setelah melalui anak tangga dari bambu, barulah Anda dapat melihat pemandangan aliran air bertingkat yang indah sekaligus menyegarkan tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rute Menuju Cikuluwung

Air terjun ini agak sulit untuk ditemukan, bahkan warga lokal banyak yang tidak mengetahuinya. Karena curug tersebut baru dibuka sekitar satu bulan lalu oleh warga setempat.

Untuk menuju Curug Cikuluwung, Anda akan melewati perkampungan warga. Setelah itu berjalan sekitar 10 menit menuju surga tersembunyi ini.

Jika Anda berangkat dari Kota Bogor, cari jalur mengarah Leuwiliang. Kemudian, di Simpang Cemplang ambil ke arah kiri dan ikuti jalan sejauh sekitar 4 kilometer.

Begitu sampai di Desa Cibitung Wetan, Anda masih harus menuju Kampung Suka Asih dengan melewati perkampungan warga.

Untuk harga tiket masuk Air Terjun Cikuluwung, cukup membayar sewajarnya, karena warga masih melakukan pembenahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini