Sukses

Ratusan Penumpang Penuhi Stasiun

Ratusan penumpang di Stasiun Wates, DIY terlantar. Sementara ruang tunggu di Stasiun Gubeng, Surabaya dipadati penumpang.

Liputan6.com, Yogyakarta: Ratusan penumpang di Stasiun Wates, Daerah Istimewa Yogyakarta terlantar. Mereka tak terangkut kereta api ekonomi jurusan Pasar Senen Jakarta, Ahad (5/6) malam, karena kereta dipenuhi penumpang sejak berangkat dari Stasiun Lempuyangan.

Tapi sejumlah penumpang lain memaksa naik. Ada yang berpegangan di bagian luar gerbong, menempati ruang wc, dan gerbong restorasi. Sementara para penumpang yang tak terangkut beralih ke kereta Bengawan rute Solo-Tanahabang Jakarta. Jika kereta Bengawan juga sangat penuh, penumpang berhak menukarkan tiket yang telah dibeli dengan uang.

Kepadatan penumpang terjadi seiring berakhirnya masa liburan panjang akhir pekan. Di Yogyakarta kereta tambahan Argolawu yang dioperasikan PT KAI Daerah Operasi VI dipersiapkan untuk mengangkut penumpang tujuan Jakarta. Kereta api tambahan ini dioperasikan pada Sabtu dan Ahad karena lonjakan penumpang kereta api, khususnya tujuan Jakarta.

Sementara itu di pusat penjualan tiket di Stasiun Tugu, Yogyakarta, tiket kereta api untuk keberangkatan pada 5 Juni sejak beberapa hari habis terjual. Sekitar 13 ribu penumpang diberangkatkan dari Stasiun Yogyakarta menuju ke sejumlah kota seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya.

Banyaknya penumpang juga terlihat di Stasiun Gubeng, Surabaya, Jawa Timur. Mereka memenuhi ruang tunggu stasiun. Sebagian besar adalah penumpang yang akan berangkat menuju Kota Banyuwangi, Yogyakarta, Bandung, dan Jakarta.

Sampai Ahad kemarin, tercatat 12 ribu penumpang yang berangkat dari Stasiun Gubeng. PT Kereta Api tidak menambah jumlah gerbong karena masih dapat dilayani kereta reguler yang ada. Seperti Kereta Mutiara Timur, Gaya Baru Selatan, Sancaka dan Kereta Bima.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini