Sukses

Taufiq Ismail Resmikan Rumah Budaya Fadli Zon

Konsep yang diusung dalam Rumah Budaya Fadli Zon adalah selain menyimpan koleksi benda kuno, juga akan digunakan sebagai tempat pementasan kesenian Minangkabau.

Liputan6.com, Sepuluh Koto: Sastrawan Taufiq Ismail dijadwalkan meresmikan Rumah Budaya Fadli Zon di Aie Angek, Kecamatan Sepuluh Koto, Tanah Datar, Sumatra Barat, Sabtu (4/6) ini. Dalam kesempatan itu, Gubernur Irwan Prayitno juga dijadwalkan hadir.

Konsep yang diusung dalam Rumah Budaya itu adalah selain menyimpan koleksi benda kuno, juga akan digunakan sebagai tempat pementasan kesenian Minangkabau. Misalnya, saluang, raba, randai, dan tari-tarian. Tujuannya adalah melestarikan budaya Minangkabau.

Dengan berdirinya Rumah Budaya itu, diharapkan mampu menjadi lokasi baru sebagai tujuan wisata di Tanah Datar. Menurut pengelola Rumah Budaya, Edin Hadzalic, ketika Rumah Budaya itu diresmikan, dua sastrawan besar lainnya turut hadir. Mereka adalah Ajip Rosidi dari Yogyakarta dan Suratman Makasan dari Singapura.

Rumah Budaya itu berdiri di atas lahan seluas 4.700 meter persegi. Dan saling berhadapan dengan Rumah Puisi milik Taufiq Ismail.

Rumah Budaya itu dibangun oleh Fadli Zon, politisi muda yang menjabat Wakil Ketua Umum Partai Gerindra. Di Rumah Budaya itu pula nantinya banyak disimpan koleksi benda kuno yang bernilai tinggi dari kebudayaan Minangkabau.(ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini