Sukses

Puluhan Warga Korban Penggusuran Proyek Waduk Bendo Jatim Demo

Kericuhan terjadi saat puluhan pengunjuk rasa dicegah petugas kepolisian saat akan memasuki area proyek Waduk Bendo.

Fokus, Jawa Timur - Puluhan warga korban penggusuran proyek Waduk Bendo di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, menggelar aksi unjuk rasa menuntut kejelasan ganti rugi tanah garapan mereka.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Kamis (15/3/2018), kericuhan terjadi saat puluhan pengunjuk rasa dicegah petugas kepolisian saat akan memasuki area proyek Waduk Bendo di Dusun Ngindeng, Desa Bendo, Kecamatan Sawo, Rembang. Warga marah hingga aksi dorong pun terjadi.

Petugas akhirnya mengizinkan warga masuk ke area proyek. Para pengunjuk rasa merupakan pemilik rumah dan lahan di area proyek Waduk Bendo yang dibangun sejak 2013.

Meski sebagian besar rumah mereka telah ditenggelamkan, hingga kini sebagian besar warga korban penggusuran proyek waduk belum juga menerima ganti rugi.

"Belum ada ganti rugi. Kalau kita hanya dikasih rumah tapi tidak bisa mencetak pangan, itu bagaimana?," kata warga korban penggusuran Kelvin Setiawan.

Proyek pembangunan Waduk Bendo merupakan proyek nasional yang menelan dana APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) sebesar Rp 671 miliar. Proyek ini tercatat telah menenggelamkan 89 rumah warga di kawasan tersebut.