Sukses

Belfast Peringati 100 Tahun Titanic

Serangkaian acara diadakan di Belfast, Irlandia Utara, untuk memperingati 100 tahun peluncuran kapal RMS Titanic yang tenggelam kurang dari satu tahun setelah diluncurkan.

Liputan6.com, Belfast: Serangkaian acara diadakan di Belfast, Irlandia Utara, untuk memperingati 100 tahun peluncuran kapal RMS Titanic yang tenggelam kurang dari satu tahun setelah diluncurkan. Salah satu acara yang diadakan adalah mengadakan doa di galangan kapal dan penyalaan api tepat pada menit dan jam Titanic diluncurkan satu abad lalu.

Kepala Badan Pariwisata Irlandia Niall Gibbons mengatakan, "Tak ada satu pun kapal yang memikat perhatian dunia seperti RMS Titanic." Kisah luar biasa mengenai kapal super besar ini, lanjut Gibbons, bermula di Belfast. Oleh karena itu pihaknya menyelenggarakan pameran khusus memperingati 100 tahun peluncuran Titanic, demikian dilansir BBC Indonesia, Selasa (31/5).

Kapal berbobot 46.000 itu dibangun selama tiga tahun di galangan kapal Belfast dan Titanic tercatat sebagai kapal terbesar pada saat itu. Titanic diluncurkan pada 31 Mei 1911 dan menjadi sumber kebanggaan industri kapal di Belfast.

Namun 10 bulan kemudian kapal tenggelam setelah menghantam gumpalan es dalam pelayaran perdana dari Pelabuhan Southampton ke New York, April 1912. Pada 1997 kisah tragis RMS Titanic dituangkan dalam layar lebar berjudul Titanic yang dibintangi oleh Kate Winslet dan Leonardo DiCaprio.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini