Sukses

TNI AL dan AS Gelar Latihan Perang

TNI dan US Navy menggelar latihan militer bersama sejak 25 Mei hingga 1 Juni mendatang. Latihan tersebut digelar dalam rangka meningkatkan kerja sama di bidang militer dan saling belajar satu sama lain.

Liputan6.com, Jakarta: Tentara Nasional Indonesia (TNI) menggelar latihan bersama Angkatan Laut Amerika Serikat atau US Navy. Latihan militer yang mencakup latihan di darat, udara, dan laut ini dilakukan sejak 25 Mei hingga 1 Juni mendatang. Latihan dalam rangka meningkatkan kerja sama di bidang militer ini bersandi Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT).

Di darat, latihan CARAT mencakup program pertukaran bidang teknis dan pengendalian kerusakan, bakti sosial berupa kegiatan medis baik umum dan gigi, serta program di sekolah-sekolah setempat.

Sementara di laut, latihan difokuskan pada pengembangan kemampuan maritim, pertukaran informasi, operasi laut gabungan, latihan patroli, dan penggunaan meriam, serta latihan antiperompakan dan anti penyelundupan. Sedangkan di udara mencakup latihan dengan helikopter dan menggunakan senjata.

"Angkatan Laut AS dan TNI AL telah mengembangkan program pelatihan yang bagus dan kami berharap kedua angkatan laut akan saling belajar satu sama lain selama latihan, terutama di laut," ujar Laksamana Muda Thomas Carney kepada wartawan di Pelabuhan Tanjungpriok, Jakarta, Senin (30/5).

Seperti diberitakan sebelumnya, tiga kapal perang AL AS tiba di Pelabuhan Tanjungpriok, Jakarta Utara, Rabu pekan silam, untuk mendukung latihan bersama tersebut. Ketiga kapal perang Negeri Paman Sam itu adalah USS Tortuga (LSD 46), USS Howard (DDG 83), dan USS Reuben James (FFG 57) [baca: Tiga Kapal Perang AS Merapat di Tanjungpriok].(BJK/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini